Home » » Google Hari Ini ( 23-3-2012)

Google Hari Ini ( 23-3-2012)


Google Hari ini bertemakan sebuah karya seni dari seorang pelukis beraliran kubisme, Yaitu Jose Victoriano Gonzalez-Perez  atau lebih dikenal dengan Juan Gris. Juan Gris (23 Maret 1887 - 11 Mei 1927) merupakan seorang pelukis berkebangsaan Spanyol. Juan Gris tinggal dan bekerja di Perancis selama hidupnya dan menjadi pelukis handal dan ternama juga menjalankan profesinya sebagai pembuat patung. Dia pernah mendistribusikan gambar untuk majalah lokal. Dia pindah ke Paris pada tahun 1906 dan memiliki sahabat disana. Sahabat terbaiknya adalah Henri Matisse, Georges Braque, Fernand Léger. Dia dilukis oleh temannya tahun 1915 dan mulai menjalankan profesinya itu mengikuti jejak teman-temannya.
Juan Gris belajar gambar mesin di Escuela de Artes y Manufacturas di Madrid 1902-1904. Meskipun dia kirimkan ilustrasi muram lucu untuk jurnal seperti Le Rire, L'Assiette au beurre, Le Charivari, dan Le Cri de Paris, Gris mulai melukis dengan serius di tahun 1910, dan tahun 1912. Dia mengembakan beberapa gaya yang salah satunya adalah gaya Kubisme Pribadi. Juan Gris mempopulerkan seni lukis Kubisme, yaitu sebuah aliran lukisan dengan ciri mengandung unsur kotak-kotak. Potretnya dari Picasso pada tahun 1912 adalah awal yang signifikan Cubist pengecatan dilakukan oleh seorang pelukis selain Picasso atau Braque. Juan Gris mulai melukis dengan serius di tahun 1910, dan tahun 1912 ia mengembangkan gaya Kubisme ciptaan sendiri.
Pada awalnya Gris menganut gaya analitik Kubisme, tapi semenjak 1913 ia mulai beralih ke Kubisme sintetik. Tidak seperti Picasso dengan gaya Kubisme monokromatik, Juan Gris melukis dengan warna cerah yang harmonis dan berani.

Salah satu karya seni Juan Gris “Violon et guitare” terjual USD 28,6 juta pada sebuah acara lelang di bulan November 2010. Dan jika anda ingin melihat beberapa karyanya, anda dapat brkunjun ke situsnya yaitu www.juangris.org dan biografinya di Biografi Juan Gris

Hari ini adalah 125 tahun sejak kelahiran Juan Gris, diperingati Google dengan menampilkan huruf Google dalam lukisan kubisme ala Juan Gris. Bagaimana menurut anda logo Google hari ini ? Tulis di kotak komentar.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Q Hanya Butuh Kesetia'an - All Rights Reserved
Template Modify by Raikage Wahyu
Powered by Blogger