Home » » Puppy Linux ( Linux yang mengemaskan )

Puppy Linux ( Linux yang mengemaskan )

Siapa yg tdak kenal dengan Linux, Sistem Operasi yang berbasis OpenSource dan bisa di kembangkan. bagi teman terutama wanita silahkan mencoba Puppy Linux yang Lucu dan mengemaskan. berikut sedikit tentang Puppy Linux.

Puppy, distro kecil yang menggemaskan


Siapa gak gemes liat logo ini ? Ya inilah logo distroPuppy Linux ciptaan Berry Kauler. Dibangun dari nol, tiap softwarenya dirancang dengan ukuran sekecil mungkin tanpa mengurangi fungsi, dengan membawa falsafah ringan, cepat, dan powerful.
Distro yang ukurannya tidak lebih dari 100MB ini mampu berjalan pada hardware lama, dengan RAM minimum 128MB sudah mampu menjalankan semua fungsi dasar berkomputer.
Bagi kamu yang mungkin akan mengistirahatkan komputer lama karena sudah tak mampu lagi mengikuti tuntukan spesifikasi sofware modern (bahkan Linux sekarang pun butuh hardware modern), jangan buru-buru melemparnya ke gudang. Dengan sedikit langkah menginstall Puppy, kamu bisa sulap komputer antikmu jadi mainan baru yang mengasyikkan.
Buruan browsing ke Puppylinux.org untuk lebih mengenal lebih dekat distro satu ini. Jangan lupa ada berbagai macam versi Puppy, dari yang official rilisan Barry Kauler, maupun remastering (Puppets) rilisan komunitas yang udah dikonfigurasi dengan sangat apik.
Semoga bermanfaat.

Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan. Puppy menyertakan beberapa aplikasi untuk pekerjaan standar sehari-hari seperti Mozilla SeaMonkey untuk menejelajah internet dan mengirim email,AbiWord word-processor, Gnumeric spreadsheet, Sodipodi untuk menggambar (vector), mtPaint untuk melukis (bitmap) / meng-edit foto dan Gxine/xine untuk memutar video dan musik. Distro linux ini dikembangkan pertama kali oleh Barry Kauler, distribusi ini tidak berdasar pada distribusi linux manapun. versi terbaru di Luncurkan (resmi/stabil) terbaru distro ini adalah versi 5.3.3 yang dikeluarkan pada 5 Mei 2012.

Fitur apa saja pada Puppy Linux yang mengemaskan, berikut penjelasannya .
Puppy dapat digunakan untuk mengaktifkan komputer lama, sebagai sistem penyelamatan darurat (emergency rescue system), sebagai sistem peragaan Linux, maupun sebagai sistem operasi lengkap. Dapat dijalankan (boot) dari:
Melakukan instalasi sebuah versi Puppy ke hard disk, USB disk, Zip disk, dll. dapat dilakukan dari live-Puppy atau cara instalasi lain.

wNOP v0.2 di EeePC: Puppy 3.01 dan Compiz-Fusion
Sebuah ciri khas yang membedakan Puppy Linux dari distribusi Linux lainnya adalah kemampuannya untuk beroperasi memakai write-once CD (CD sekali rekam), jadi tidak perlu memakai rewritable CD (CD yang dapat berulangkali merekam.) Puppy akan secara otomatis mengenali perubahan-perubahan di sistem file dan menyimpannya berurutan di CD. Jika CD penuh, pemakai dapat dengan mudah mengganti dengan CD baru yang akan merekam semua file dan pengaturan desktop. Distribusi Linux lain memang ada yang menyediakan sistem operasi versi Live CD, namun tidak bisa menambah atau merekam dalam Live CD tersebut.
Puppy Linux juga mempunyai sistem penulisan penyimpanan (write-caching system) yang canggih sehingga dapat memperpanjang umur pemakaian USB flash drives yang menggunakan Puppy Linux.
Live USB Puppy Linux dapat dibuat secara manual atau dengan UNetbootin [1]
Untuk meng-instal program, Puppy Linux menggunakan package manager sendiri bernama PetGet. Package manager yang lama, DotPup, masih dapat digunakan.
Puppy juga memiliki "remaster tool" untuk membuat live-CD versi anda sendiri dengan merekam semua perubahan yang sudah anda lakukan.
Puppy Linux menggunakan T2 SDE build scripts untuk membangun paket binary dasarnya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Q Hanya Butuh Kesetia'an - All Rights Reserved
Template Modify by Raikage Wahyu
Powered by Blogger